Sabtu, 02 Juli 2011

Makalah Mozilla Firefox

KATA  PENGANTAR

          Puji syukur kita panjatkan atas kehadiran Tuhan YME yang telah memberikan segala
rahmat serta hidayah-Nya kepada kita sehingga dapat menyelesaikan tugas membuat makalah
TIK dengan judul “ Program Mozilla Firefox” dengan baik (meski kurang sempurna) tanpa ada suatu halangan yang dapat menyulitkan kita semua.
            Makalah ini disusun melalui beberapa tahapan, yakni dari browsing, buku panduan, dan juga menggunakan jasa layanan Internet sampai makalah ini selesai dibuat. Makalah ini dapat terselesaikan oleh penulis berkat bantuan dari guru dan teman-teman yang tidak henti-hentinya memberikan motivasi kepada saya selaku penulis.
            Tak lupa saya selaku penulis ingin mengucapkan terimakasih kepada :
                  ~ Ibu Siti Munawaroh selaku ibu kepala sekolah SMA Negeri 2 Tanggul.
                  ~ Bapak Imam Sujak’i selaku wali kelas XI IPA2
                  ~ Bapak Susanto selaku guru pengajar T I K, dan
                  ~ Teman-teman yang telah memberikan motivasi hingga makalah ini terselesaikan
            Dari permasalahan yang telah kita bahas, semoga kita lebih mengetahui dan mempermudah kita dalam menjalankan program browsing tersebut sehingga kita semua dapat mengambil hikmah dari tugas yang penulis kerjakan.
            Semoga permasalahan yang penulis selesaikan dapat bermanfaat bagi kita semua dan menjadikan suatu hal yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.


                                                                                                               PENULIS


                                                                                                 FATHURROHMAN
                                                                                                              N.I.S  5614

IV

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL  ………………………………………………………………………………..  I
KATA PENGANTAR  ……………………………………………………………………………... IV
DAFTAR ISI  ……………………………………………………………………………………….  V
BAB I. PENDAHULUAN
         1.1  Latar Belakang  ………………………………………………………………………..   6
        1.2  Rumusan Masalah  …………………………………………………………………...   7
         1.3  Tujuan  ………………………………………………………………………………….   7
         1.4  Manfaat  ………………………………………………………………………………..   7
BAB II. PEMBAHASAN
         2.1  Sejarah Mozilla Firefox  ………………………………………………………………   8
         2.2  Sejarah logo Mozilla Firefox  ………………………………………………………...   12
         2.3  Ciri-ciri Mozilla Firefox  ……………………………………………………………….   19
         2.4  Mengubah Tampilan Mozilla Firefox  ……………………………………………….    21
         2.5  Fungsi Mozilla Firefox  ……………………………………………………………….    21
         2.6  Keunggulan dan Kelemahan Mozilla Firefox  ……………………………………..    22
         2.7  Cara Mempercepat Mozilla Firefox  ………………………………………………..    24
BAB III. PENUTUP
·   Kesimpulan  …………………………………………………………………………...          26
·   Saran  ………………………………………………………………………………….           27
·   Daftar Pustaka  ……………………………………………………………………….          28






V
BAB I
                                                        PENDAHULUAN

a.  Latar Belakang

               Seiring perkembangan teknologi informasi di Indonesia, maka segala bidang yang berkaitan mengalami penurunan akibat perkembangan tersebut. Hal ini juga dialami oleh salah satu perusahaan program browser yang sudah terkenal di Indonesia. Sebelumnya browser tersebut banyak yang memakai, tapi karena adanya program browser yang baru, maka program browser yang lama mengalami persaingan dan kedudukannya tergeser.
               Akibat tergesernya kedudukan program browser yang lama, maka perusahaan memilih untuk menutup browser tersebut. Akan tetapi perusahaan melakukan perbaikan pada program browsernya dengan tampilan terbaru. Hal itu dilakukan  perusahaan program browser dengan cara belajar dari kesalahan yang sebelumnya yang mengakibatkan tergesernya perusahaan tersebut.
               Sehingga perusahaan tersebut berkembang dari kesalahan yang sebelumnya. Perusahaan program browser tersebut dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya, dan juga dapat mengetahui cirri-ciri tampilan pada program browser yang baru.
               Oleh karena itu, jika ingin menciptakan program browser yang lebih baik dari sebelumnya, diperlukan manusia yang kreatif dan pintar. Tapi bukan hanya itu, juga diperlukan kemauan yang keras.
               Tujuan dari diciptakannya program browser dan aplikasi software adalah untuk mempermudah dalam menyelesaikan tugas yang berhubungan dengan teknologi informasi. Untuk dapat mencari suatu website yang kita inginkan, kita dapat menggunakan suatu software atau situs internet yang bias mencari situs internet yang bias mencari situs lain, software ini disebut web browser. Web browser bermacam-macam : Internet Explore 8 yaitu peradaban web yang disediakan oleh operasi windows. Dan juga Mozilla Firefox fire fox 3.5.3. yaitu web yang disediakan oleh system operasi linux, tapi juga ada untuk windows. Dengan demikian kita bias memanfaatkan browser yang ada, dan pada hakikatnya semua browser sama, baik fungsi dan kegunaanny
b.      Rumusan Masalah

c.       Bagaimana sejarah Mozilla Firefox ?
d.       Apa sajakah ciri-ciri dari Mozilla Firefox ?
e.       Apa sajakah fungsi dari Mozilla Firefox ?
f.        Bagai mana cara menginstall Monzilla Firefox ?
g.       Bagaimana caranya mengubah tampilan Mozilla Firefox agar lebih menarik ?
h.       Apakah kelebihan dan kekurangan dari Mozilla Firefox ?
i.         Bagaimana cara mengoprasikan atau menggunakan Mozilla Firefox ?
j.         Apa tips untuk mempercepat ketika mengoprasikan Mozilla Firefox ?

k.      Tujuan

l.         Untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang sejarah Mozilla Firefox.
m.     Sebagai bahan kegiatan untuk lebih paham mengenai Mozilla Firefox.
n.       Dapat menyelesaikan tugas T I K.
o.       Dapat menjadi pertimbangan terbaik dan macam pendidikan T I K.
p.       Untuk melatih diri sehingga dapat menambah pengetahuan tentang T I K.
q.       Sebagai bahan terhadap kualitas yang mendasar dalam perkembangan T I K.

r.       Manfaat

s.       Untuk lebih tahu tentang sejarah Mozilla Firefox.
t.        Untuk mengetahui perkembangan program browser yang sering digunakan.
u.       Untuk mengetahui ciri-ciri Mozilla Firefox.
v.       Untuk menambah wawasan mengenai program browser yang biasa digunakan.
w.     Mengetahui kelebihan dan kelemahan suatu program browser.
x.       Untuk dapat menyelesaikan tugas T I K yaitu membuat laporan tentang program browsing.
BAB II
PEMBAHASAN

2.1    Sejarah Mozilla Firefox



          

Mozilla Firefox ialah sebuah pelayar web sumber terbuka yang diturunkan dari Mozilla Application Suite dan diuruskan oleh Mozilla Corporation. Kaji selidik Net Applications mendapati Firefox mencatat 25% penggunaan pelayar web seluruh dunia (tepat pada November 2009), menjadikannya pelayar web kedua terlaris dari segi penggunaan seluruh dunia, mengekori Internet Explorer.
Firefox menggunakan enjin susun atur Gecko sumber terbuka, yang melaksanakan Web piawai bersama-sama dengan beberapa kandungan tambahan yang dimaksudkan seperti penambahan kepada piawai berkenaan.
Firefox memasukkan pelayan bertab, satu pemeriksa ejaan, carian progresif, penanda buku langsung, satu pengurus muat turun, dan satu sistem carian yang memasukkan Google. Fungsi-fungsi boleh ditambah menerusi lebih daripada 2,000 add-ons yang dicipta oleh pemaju ketiga; Palin popular termasuklah FoxyTunes (mengawal pemain muzik), Adblock Plus (penyekat ad), StumbleUpon (penemuan laman web), DownThemAll! (fungsi muat turun) dan pemaju Web (peralatan web).
Mozilla Firefox adalah penjelajah web antar-platform (seperti platform windows, platform linux, platform Mac dan lainnya) . Namun begitu,kod sumbernya secara tidak rasminya telah disambungkan kepada sistem operasi lain, termasuk FreeBSD, OS/2, Solaris, SkyOS, BeOS dan kini juga Windows XP Professional x64 Edition. gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Melalui Firefox, Yayasan Mozilla betujuan untuk mengembangkan sebuah browser web yang kecil, cepat, simpel, dan sangat bisa dikembangkan (terpisah dari Mozilla Suite yang lebih besar). Firefox telah menjadi fokus utama perkembangan Mozilla bersama dengan client e-mail Mozilla Thunderbird, dan telah menggantikan Mozilla Suite sebagai rilis browser resmi Yayasan Mozilla.
                                                                        8
Firefox boleh berfungsi di atas platform Microsoft Windows, Mac OS X dan Linux. Pelancaran versi stabil terkini adalah versi 3.5.5, yang keluar pada 5 November 2009. Kod sumber Firefox ialah perisian percuma yang dikeluarkan di bawah tri-lesen GNU GPL/GNU LGPL/MPL.
               Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Sebelum rilis versi 1.0-nya pada 9 November 2004, Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihak
media, termasuk dari Forbes dan Wall Street Journal. Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis, sumber-terbuka (open-source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan.
               Sebagai alternatif Internet Explorer,Mozilla FireFox adalah browser yang paling populer,lowh kok bisa? Dibandingkan dengan browser lain seperti, Opera, Netscape dan sebagainya maka Mozilla Firefox adalah browser freeware yang paling mendekati hasil rendering Internet Explorer, artinya halaman yang dibuka dengan Mozilla Firefox mendekati tampilan halaman yang dibuka dengan Internet Explorer. Itulah sebabnya mengapa banyak developer memakai Mozilla Firefox sebagai alternatif Internet Explorer, selain itu Mozilla Firefox juga relatif lebih cepat dibandingkan Internet Explorer. Mozilla Firefox sebelumnya dikabarkan sebagai browser yang lebih aman daripada Internet Explorer, meskipun demikian hal ini tidak terbukti benar 100%, namun cukup banyak perbaikan dilakukan pada Mozilla Firefox sampai saat ini
Firefox mendukung tabbed browser sebagaimana versi baru Internet Explorer. Juga tersedia download manager sederhana dan password manager untuk menyimpan daftar password anda. Dengan password manager ini anda dapat membuat sebuah password master sehingga anda cukup mengingat password master ini saja, jika sebuah halaman memerlukan login name dan password maka password manager akan menanyakan apa password master nya, setelah password master diisi secara benar maka otomatis password manager akan mengisi field password yang diminta pada halaman tersebut.
               Melalui Firefox, Yayasan Mozilla betujuan untuk mengembangkan sebuah browser web yang kecil, cepat, simpel, dan sangat bisa dikembangkan (terpisah dari Mozilla Suite yang lebih besar). Firefox telah menjadi fokus utama perkembangan Mozilla bersama dengan client e-mail Mozilla Thunderbird, dan telah menggantikan Mozilla Suite sebagai rilis browser resmii Yayasan Mozilla.
               Di antara fitur populer Firefox adalah pemblokir pop-up yang sudah terpasang di dalamnya, dan sebuah mekanisme pengembangan (extension) untuk menambah
                                                            9
fungsionalitas tambahan. Meskipun fitur-fitur ini sudah tersedia untuk beberapa lamanya di browser-browser lainnya seperti Mozilla Suite dan Opera. Firefox merupakan browser
pertama yang mendapatkan penerimaan dalam skala sebesar ini. Firefox
ditargetkan untuk mendapat sekitar 10% pangsa pasar Internet Explorer
keluaran Microsoft (browser paling populer dengan margin yang besar (per 2004) hingga tahun 2005, yang telah disebut oleh banyak orang sebagai tahun kembalinya “perang browser”.
               Firefox telah mendapatkan perhatian sebagai alternatif kepada Internet Explorer sejak Explorer dikecam karena tuduhan ketidakamanannya-pihak yang setuju terhadap anggapan ini mengatakan Explorer tidak mengikuti standar Web, menggunakan komponen ActiveX yang sering membahayakan, dan kelemahannya terhadap pemasangan spyware dan malware dan kurangnya fitur-fitur yang dianggap pemakai Firefox penting. Microsoft sendiri telah merespons bahwa mereka tidak menganggap jika isu-isu mengenai keamanan dan fitur Explorer perlu dikhawatirkan.
               Mozilla Firefox sekarang telah sampai ke versi 2.0. Pada versi 2.0 ini, Mozilla mempunyai bug (kelemahan) yaitu akan “crash” jika membuka web page (halaman Web) yang sangat besar dan memiliki JavaScript, namun hal ini telah diperbaiki.
               Dave Hyatt dan Blake Ross memulakan projek Firefox sebagai cabang eksperimental bagi projek Mozilla. Mereka percaya bahawa keperluan komersial tajaan Netscape dan pembodek ciri-ciri yang dipacu pemaju telah berkompromi dengan utiliti pelayar Mozilla. Bagi menangani apa yang dipandang oleh mereka sebagai pengembungan perisian, mereka mencipta sebuah pelayar web yang lebih ringkas, yang mana mereka berniat untuk menggantikan Mozilla Suite. Pada 3 April 2003, Pertubuhan Mozilla mengumumkan rancangannya untuk mengalihkan tumpuan mereka dari Mozilla Suite ke Firefox dan Thunderbird.
               Projek Firefox telah melalui beberapa pengubahan nama. Asalnya dinamakan Phoenix, perisian ini dinamakan semula gara-gara pertembungan tanda dagang dengan Phoenix Technologies. Nama seterusnya, Firebird pula mengungkitkan rasa tidak puas hati projek perisian pangkalan data percuma Firebird. Selepas itu, Mozilla Foundation menyatakan bahawa perisiannya patut sentiasa memegang nama Mozilla Firebird bagi mengelakkan kekeliruan dengan perisian pangkalan data itu. Tekanan tanpa henti daripada kominiti pembangun server pangkalan data itu memaksa satu lagi penukaran nama; pada 9 Februari 2004, Mozilla Firebird menjadi Mozilla Firefox (Firefox for short).
                                                                        10
   Projek Firefox telah melalui banyak versi percubaan/beta sebelum terkeluarnya versi 1.0 pada 9 November 2004. Sebagai tambahan kepada pembaikan kestabilan dan keselamatan, Yayasan Mozilla mengeluarkan pengemaskinian pertama kepada Firefox—versi 1.5—pada 29 November 2005. Pada 24 Oktober 2006, Mozilla mengeluarkan Firefox 2 yang merangkumi pengemaskinian kepada persekitaran pelayaran bertab, pengurusan sambungan, GUI, dan enjin carian dan pengemaskinian perisian; satu ciri-ciri pemulihan sesi yang baru; penyemak ejaan; dan satu ciri-ciri anti-phishing yang dilaksanakan oleh Google sebagai satu sambungan yang kemudiannya bergabung kepada perisian itu sendiri.
2.1     Versi Mozilla Firefox
·         Versi 2.0
Pada tanggal 24 Oktober 2006, Mozilla merilis Firefox 2 . Versi ini berisi update ke tab browsing lingkungan, manajer ekstensi; yang GUI (Graphical User Interface) , dan menemukan, pencarian dan memperbarui mesin perangkat lunak; sesi baru mengembalikan fitur; memeriksa ejaan inline; dan anti- phishing fitur yang dilaksanakan oleh Google sebagai perpanjangan, dan kemudian bergabung ke dalam program itu sendiri. Pada bulan Desember 2007, Firefox Live Chat diluncurkan. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengajukan pertanyaan sukarelawan melalui sistem powered by Jive Software , dengan dijamin jam operasi dan kemungkinan bantuan setelah jam. Mozilla Firefox 2.0.0.20 adalah versi final resmi didukung oleh Windows NT 4.0 , Windows 98 , dan Windows ME .

·         Versi 3.0

   Mozilla Firefox 3 dikeluarkan pada 17 Jun 2008, oleh Mozilla Corporation. Firefox 3 menggunakan versi 1.9 enjin susun atur Mozilla Gecko untuk memaparkan laman web. Veris baru ini banyak membaiki pepijat, mempertingkatkan kepatuhan pada piawaian, serta melaksanakan API web yang baru Ciri-ciri lainnya termasuk pengurus muat turun diperbaharui, sistem "Places" baru untuk menyimpan penanda laman dan sejarah, serta tema-tema berasingan untuk sistem pengendalian berlainan. Versi terbaru di bawah 3.0 ialah Firefox 3.0.15.
               Pembangunan Firefox 3 bermula dari versi beta pertamaya (bernama kod 'Gran Paradiso) yang telah dikeluarkan pada 19 November 2007, diikuti beberapa lagi keluaran beta sepanjang musim bunga tahun 2008 sehingga dirasmikan pada bulan Jun. Terdapat 8 juta muat turun unik bagi Firefox 3 pada hari keluarannya, sekaligus mencatat Rekod Dunia Guinness.

·         Versi 3.5

               Versi 3.5, bernama kod Shiretoko, menambahkan pelbagai ciri-ciri baru pada Firefox. Dari Firefox 3.1, pihak pembangun Mozilla menukar nombor keluarannya kepada 3.5, untuk mencerminkan skop perubahan yang lebih luas daripada yang dirancangkan pada mulanya.
  • Versi 3.6
Versi 3,6 adalah rilis CODEC Namoroka . Pembangunan untuk versi ini mulai pada tanggal 1 Januari 2008, dan dirilis pada tanggal 21 Januari 2010. Rilis ini menggunakan Gecko 1.9.2 baru mesin rendering.
Fitur baru untuk Firefox 3,6 termasuk dukungan built-in untuk Personas (kulit toolbar), pemberitahuan-of-date plugin keluar, pemutaran layar penuh Theora video, dukungan untuk WOFF format webfont terbuka, yang lebih aman plugin sistem, dan peningkatan kinerja banyak.
·         Versi 4.0
Dijadwalkan akan dirilis pada bulan November 2010, Firefox 4 akan membawa baru, "lebih cepat" user interface . maket interface baru pada Windows , Mac OS X , dan Linux telah dibuat tersedia. Fitur lain dijadwalkan untuk Firefox 4 termasuk Manajer Account baru, pemberitahuan ditingkatkan, tab aplikasi, seorang manajer ekstensi didesain ulang, dan dukungan untuk menampilkan multitouch dan sistem 64-bit.



Pada tanggal 13 Oktober 2006,, Brendan Eich , Mozilla Chief Technology Officer , menulis tentang rencana untuk Mozilla 2, mengacu pada komprehensif iterasi yang paling (sejak penciptaan perusahaan) dari platform secara keseluruhan di mana Firefox dan lainnya Mozilla produk dijalankan. Sebagian besar tujuan secara bertahap dimasukkan ke dalam Firefox melalui 3,0 versi 3.5,, dan 3.6.
Firefox 4 didasarkan pada mesin 2.0 Gecko, yang menambahkan / meningkatkan dukungan untuk HTML5 , CSS3 , WebM , dan WebGL . Selain itu, termasuk mesin JavaScript baru ( J├ĄgerMonkey ) dan lebih baik XPCOM API.
               Antara perubahannya termasuk prestasi lebih pantas hasil enjin JavaScript baru bernama TraceMonkey serta penambahbaikan paparan, serta sokongan untuk tag-tag <video> dan <audio> seperti yang ditakrikan dalam spesifikasi HTML 5, yang bermatlamat menyediakan pemainan video tanpa halangan dari masalah paten yang dikaitkan dengan kebanyakan teknologi video. XMLHttpRequest (XHR) merentas laman yang membolehkan aplikasi web lebih berkuasa dan cara yang lebih mudah untuk melaksanakan mashup, turut dilaksanakan dalam 3.5. Objek JSON global baru mengandungi fungsi-fungsi natif untuk mensirikan dan menyahsirikan objek-objek JSON dengan cekap dan selamat, seperti yang ditetapkan oleh rangka ECMAScript 3.1. Sokongan pemilih CSS 3 penuh turut disediakan. Firefox 3.5 menggunakan enjin Gecko 1.9.1 yang merangkumi beberapa ciri-ciri yang tidak disertakan dalam keluaran 3.0. Sokongan multi-touch turut ditambahkan ke dalam keluaran ini, termasuk sokongan gerak isyarat seperti mencubit untuk mengezum dan menggesel untuk bertukar halaman ke belakang atau hadapan. Firefox 3.5 turut ditampilkan dengan logo baru.
              
y.        Sejarah Logo Mozilla Firefox

               Mungkin banyak di antara Anda pembaca yang mengagumi Firefox. Browser besutan Mozilla ini sangat powerful dalam membantu setiap kegiatan dan aktifitas yang berhubungan dengan dunia maya. Fungsionalitasnya bisa diperluas dengan penambahan berbagai macam add-on, tema, plugin dan skrip. Sepertinya sudah banyak yang Anda ketahui tentang browser ini, tetapi tunggu dulu. Tahukah anda kalau Firefox mempunyai beberapa mascot ?
              
      Di bawah ini akan dijelaskan satu persatu tentang maskot-maskot Firefox saat ini mulai dari nama, tanggal dibuatnya, orang yang mendesain, maksud dan tujuan pembuatan dan lain-lain. Maskot resmi saat ini hanya empat, tetapi ke depannya kemungkinan akan terus bertambah. Dan suatu saat nanti bukan tidak mungkin akan ada maskot Firefox dari Indonesia.
               Apakah maskot penting? Jangan remehkan kehadirannya, karena pembuatan maskot ini membawa misi tertentu yang cukup penting, salah satunya seperti menjadi duta untuk memasarkan dan mensosialisasikan penggunaan Firefox di suatu negara. Penampilannya yang imut dan menggemaskan tidak hanya disukai anak-anak tetapi juga orang dewasa sehingga demam Firefox dapat terus menyebar ke seluruh dunia.


12
·        



KIT

               Maskot bertampang memelas ini didesain Sean Martell berdasarkan ide dari Chris Beard pada tahun 2006 dan diperkenalkan pertama kali kepada khalayak dengan nama Renardo di konferensi para pengembang Firefox yang bertempat di Mountain View, California. Kemunculannya menjadi sangat populer pada konferensi SXSW Interactive (festival industri kreatif di kota Texas) di tahun 2007dan ditayangkan ke DL.TV. Karena maskot tersebut terlihat seperti rubah yang masih sangat kecil, maka diberi nama Kit (bayi rubah).
               Pembuatan maskot ini adalah keinginan atau ajakan dari para pengembang di Mozilla Developer Center agar membangun web menggunakan standar terbukadan teknologi open source. Dengan begitu kebebasan untuk menyebarkan ilmu pengetahuan/ kekayaan intelektual dapat terus dilakukan, dan juga ide dan kreatifitas tidak dikekang oleh para pemilik standard tertutup.
               Wajah Kit didesain sedemikian rupa sehingga membuat banyak orang yang melihatnya merasa kasihan terhadap maskot tersebut dan sepertinya pembuat ingin agar kampanye ini tidak dipandang sebagai sesuatu hal yang memaksa atau menyerang tapi lebih kepada ajakan yang tulus dan menyentuh hati banyak orang dengan lembut sehingga tergerak untuk mau mendukung kampanye tersebut.







13
·         FOXKEH




               Maskot ini lahir di bulan September 2006 dari tangan tim Mozilla Jepang dan seperti yang kita tahu Jepang terkenal dengan desain karakter kartunnya lucu dan unik, begitupun dengan Foxkeh. Maskot Firefox yang satu ini tampil sangat menggemaskan dan kehadirannya cukup dikenal di kalangan pengguna browser Firefox tidak terbatas di Jepang saja.
               Nama Foxkeh (fokusuke) merupakan hasil sumbangan ide lebih dari 7000 member komunitas pengguna Firefox di Jepang. Nama Foxkeh (dibaca Fokusuke) berasal dari gabungan kata FIREFOXdan SUKE (nama akhiran umum untuk anak laki-laki di Jepang).
            
               Sejak pertama kali muncul Foxkeh sudah membantu penyebaran Firefox, dengan kemunculannya di Vox Banner Contest, sebuah poster yang menjelaskan sejarah Firefox, wallpaper bulanan lengkap dengan tanggal dan gambar Foxkeh dalam berbagai aksi, seri video promosi Firefox dan masih banyak lagi.
               Pada awalnya semua pernak-pernik Foxkeh tampil dalam tulisan Jepang dan ditampilkan di situs http://foxkeh.jp/, tapi dengan banyaknya permintaan yang dari luar Jepang akhirnya dibuatlah sebuah blog yang beralamat di http://www.foxkeh.com/ yang berbahasa Inggris.






14
               Wujud Foxkeh bisa Anda dapatkan dalam bentuk tema (Foxkeh Theme) untuk Firefox. Tampilannya akan terlihat seperti gambar yang ada di bawah ini. Tema dengan warna dominan oranye dan kuning ini sangat cantik dan menarik, Anda bisa melihat animasi Foxkeh sedang berlari setiap kali di pojok kanan atas dan kepala Foxkeh yang imut itu berputar-putar di tab setiap kali mengunjungi situs. Menurut saya ini adalah salah satu tema terbaik yang pantas untuk Anda koleksi.
            
               Halaman yang berisi banyak emoticon Foxkeh sedang menari itu dibuat oleh Alex Polvi. Mozillian yang satu ini sebelumnya terkenal dengan pembuatan lambang Firefox di padang jagung dan gambar robot di Firefox 3. Sekarang dia sudah tidak bekerja lagi di Mozilla dan sebagai kontribusi terakhirnya dibuatlah Foxkeh Dance.

·         G-FOX
               Pada bulan Juni 2008 Mou-Zhi Network (kantor cabang Mozilla di China) melalui CEO-nya, Gong-Li memperkenalkan maskot Firefox yang diberi nama G-Fox. Dan seperti halnya saudara-saudaranya dari Amerika dan Jepang, Kit dan Foxkeh, kehadirannya bertujuan untuk membuat kampanye penggunaan Firefox menjadi lebih menyenangkan dan bisa lebih diterima terutama untuk para penduduk China.



15
               Bagi komunitas pengguna Firefox huruf G dari nama maskot G-fox memiliki banyak arti positif, seperti “good, great, guide, gateway, gravity, grace, gorgeous,”dan ungkapan lainnya yang bisa Anda persepsikan sendiri.
           
     
     




      G-Fox memiliki bola mata yang besar, menandakan bahwa maskot ini sangat cermat, seperti halnya browser Firefox sebagai mata dari komputer untuk melakukan pencarian dan kegiatan lainnya untuk membantu manusia mengenal dunia dengan lebih jelas lagi. Lalu bentuk kupingnya yang panjang dan berdiri tegak memungkinkannya untuk menangkap suara-suara yang berfrekuensi kecil, dan sesuai dengan browser Firefox sebagai sebuah aplikasi open source sehingga banyak orang yang dapat memberikan kontribusinya. Karakteristik bangsa China didapat dari bentuk lengkungan (Choi Wan) pada ekor, yang menjadi penghias sekaligus penyempurna bentuknya.
     
               Melalui situs resminya Anda bisa mendapatkan berbagai pernak-pernik G-Fox yang bisa langsung Anda unduh, seperti 4 buah wallpaper dalam berbagai ukuran, gambar G-Fox dengan tema cabang olah raga, banner dan yang terakhir adalah tema G-Fox yang sudah kompatibel dengan Firefox versi 3.










·         FOXMOSA


               Dari komunitas Mozilla di Taiwan lahirlah maskot Firefox keempat yang diberi nama Foxmosa. Sudah beberapa tahun yang lalu maskot lucu ini membantu berbagai kegiatan promosi Firefox, seperti mempromosikan Firefox versi 2, Download Day dan pesta Firefox 3 untuk penggguna di Taiwan. Tapi baru kali ini beritanya dipublikasikan di situs resmi Mozilla setelah menerima detil informasi tentang Foxmosa darisalah satu anggota komunitas Mozilla Taiwan, yaitu Handsome Puppy. Sehingga sekarang ini Foxmosa sudah keluar dari kandangnya dan mulai bergabung dengan saudara-saudaranya yang lain.
               Yang membuat tampilan Foxmosa seperti yang kita lihat sekarang ini adalah Tatit. Seorang ilustrator asal Taiwan yang sangat menyukai Firefox. Nama Foxmosa berasal dari tulisan China, Formosa (dibaca Fu Er Mo Sha).
           










17
·         SRIGALA (FOX)
               Keempat maskot di atas dan juga logo Firefox yang sering Anda lihat memiliki kesamaan, yaitu pembuatannya sama-sama terinspirasi dari bentuk salah satu hewan karnivora. Lalu bagaimana cerita awalnya sehingga logo berbentuk seekor rubah merah dengan ekor berapi sedang memeluk planet bumi ini bisa tercipta?
               Semua itu bermula dari keinginan dari yayasan Mozilla untuk merancang sebuah masa depan bagi merk Mozilla dan identitas visualnya. Karena luasnya cakupan proyek yang dilakukan Mozilla sehingga menimbulkan kebingungan tentang penggunaan nama/merk Mozilla yang dideskripsikan oleh para pengguna sebagai aplikasi web browser, paket aplikasi, platform dan keseluruhan koleksi dari proyek aplikasi tanpa batasan yang jelas.
               Untuk itu pada tahun 2003 dimulai dari Mozilla Suite version 2.0, yaitu sebuah paket aplikasi yang terdiri dari 4 aplikasi desktop, masing-masing telah diberi nama dan logo. Salah satunya adalah web browser yang bernama Mozilla Firebird. Namun nama tersebut tidak bertahan lama dan akhirnya oleh Ben Goodger diganti menjadi Mozilla Firefox.
               Kemudian di tahun 2004 terbentuklah Mozilla Visual Identity Team yang dipimpin oleh Steven Garrity. Tim ini bertugas untuk meningkatkan kualitas dan konsistensi elemen visual (ikon/ logo, tema dasar, dll) dari produk-produk Mozilla. Jon Hicks yang bertugas membuat ilustrasi logo Firefox awalnya sedikit kesulitan dengan konsep Firefox. Akhirnya karena terinspirasi dengan lukisan dari Jepang tentang seekor rubah, akhirnya muncul gambar yang malah lebih terlihat seperti panda merah yang lucu.
           





18
               Pada akhirnya desain yang dipilih adalah hasil konsep dari Daniel Burka dan sketsanya oleh Stephen Desroches. Dan didesain ulang oleh Hicks menggunakan aplikasi Fireworks MX dan Photoshop untuk pembuatan ikonnya. Dan digunakan pertama kali untuk browser Firefox versi 0,8.
           
               Konsep logo Firefox ini akhirnya menjadi konsep dasar untuk Mozilla Thunderbird Camino, dan banyak produk Mozilla lainnya.


z.        Ciri-ciri Mozilla Firefox

·         Ciri-ciri terkini termasuk pelayaran bertab, penyemak ejaan, carian progresif, penandaan halaman secara langsung, pengurus muat turun, pelayaran secara rahsia, pelayaran disetempatkan ("geolocation") yang berasaskan perkhidmatan Google dan sistem carian bersepadu yang berasalkan Google di kebanyakan versi tempatan. Banyak lagi fungsi boleh ditambah melalui pelbagai pilihan tambahan rekaan pihak ketiga, yang menarik ramai pengguna Firefox.
·         Firefox menyediakan persekitaran untuk pembangun web yang mana terbinanya alat-alat untuk kegunaan mereka, seperti Error Console (Konsol Ralat) atau DOM Inspector, atau sambungan-sambungan seperti Firebug.

      Piawaian

               Mozilla Firefox banyak melaksanakan piawaian web, termasuk HTML, XML, XHTML, MathML, SVG 1.1 (separa), CSS (with extensions), ECMAScript (JavaScript), DOM, XSLT, XPath, dan imej PNG (animasi) dengan kelutsinaran alfa. Firefox juga melaksanakan cadangan piawaian rekaan WHATWG seperti storan pihak klien dan unsur kanvas.







19        

Keselamatan

               Firefox menggunakan model keselamatan "kotak pasir", serta mengehadkan skrip-skrip dari mencapai data dari tapak web lain yang berasaskan dasar asal-usul sama.] Firefox menggunakan SSL/TLS untuk melindungi perhubungan dengan pelayan web berlengkapkan kriptografi yang kukuh ketika menggunakan protokol HTTPS. Firefox juga menyediakan sokongan untuk aplikasi web untuk menggunakan kad pintar untuk tujuan pengesahan.
               Yayasan Mozilla menawarkan ganjaran besar ("bug bounty") kepada para penyelidik yang menemui kebocoran keselamatan yang teruk di Firefox. Garis panduan rasmi untuk menangani kerentanan keselamatan tidak menggalakkan kerentanan didedahkan terlalu awal untuk menghindari penyerang mengambil kesempatan terhadap kepincangan yang diketahui.
               DIsebabkan Firefox kurangnya kerentanan keselamatan serius yang dikenali dan belum ditampal berbanding Internet Explorer, maka ramai yang beralih dari IE ke Firefox demi keselamatan. Akhbar The Washington Post melaporkan kod eksploitasi untuk kerentanan keselamatan kritikal yang belum ditampal di Internet Explorer terbuka selama 284 hari pada tahun 2006, berbanding kod eksploitasi bagi kerentanan keselamatan kritikal di Firefox terbuka selama 9 hari sebelum Mozilla menghantar tampungnya.
               Kaji selidik Symantec pada tahun 2006 mendapati bahawa, biarpun Firefox lebih banyak mencatatkan kerentanan yang disahkan oleh penyedia berbanding pelayar lain hingga bulan September tahun itu, namun kerentanan tersebut lebih cepat ditampung berbanding pelayar lain. Symantec kemudian menjelaskan kenyataannya bahawa Firefox masih kurang kerentanan keselamatannya berbanding Internet Explorer, seperti yang dikira oleh pengkaji keselamatan.





20
aa.    Cara Mengubah Tampilan Mozilla Firefox
              
·         Dengan plug in (add-ons) tampilan mozilla firefox anda akan menjadi semakin menarik. Caranya sangat mudah, yaitu:
2. Pilih dan klik jenis personas yang anda kehendaki di sidebar sebelah kiri
3.   Klik wear this.

2.5  Fungsi Mozilla Firefox

               Mozilla Firefox adalah sebuah program browser seperti Internet Explorer. Tetapi Mozilla Firefox memiliki beberapa kelebihan dibandingkan Internet Explorer.
Contoh saja, pada Internet Explorer tidak memiliki fasiltas memblock pup up atau menutup sebuah site yang meminta mendownload sebuah program.
               Ketika memcoba program Mozilla Firefox, keunggulan pada program browser ini mampu menjangkau sebuah site yang tidak dapat dibuka oleh Internet Explorer.
Fitur lain, adalah download manager. Pada IE biasanya untuk mendownload sebuah file, maka program akan membuat sebuah windows khusus untuk melihat proses download. Sedangkan dengan IE, proses download ditampilkan dengan beberapa Windows. Tidak itu saja, Mozilla Firefox mengijinkan penguna untuk melakukan resume dan suspend prosed download.
               Fasilitas multiple browser, sudah dimiliki oleh Firefox. Untuk membuka beberapa website, Firefox dapat membuka beberapa windows dalam satu frame browser, atau memisahkan dengan beberapa windows seperti mengunakan Internet Explorer. Cara ini sebenarnya dapat dilakukan dengan program bantu bila mengunakan Engine Internet Explorer. Misalnya Avant Browser yang mampu membuka dan membagi beberapa site dalam satu program. Tetapi keunggulan multiple browser pada Firefox diatas Avant browser. Karena Firefox juga mampu membuka 2 windows berbeda dengan multiple browser.
               Cara ini sangat berguna bila anda mencari data ketika melakukan surfing di Internet, dimana satu windows untuk mencari satu data dari beberapa website, sedangkan windows lain mencari data lainnya. Sehingga data yang anda cari tidak menumpuk pada sebuah program dan dapat dipisah pisah sesuai kategori yang anda bagi pada program Firefox.


21
Banyak lagi fitur pada program Firefox, seperti penampilan yang dapat dirubah oleh pemakai dengan mendownload skin untuk Firefox. Tetapi fungsi browser adalah memudahkan anda membuka site tentnya, dan Firefox memiliki kecepatan lebih baik dibandingkan IE. Minusnya masih terdapat kompatibel antara site yang di disain bagi Internet Explorer terkadang terlihat sedikit berbeda ketika dibuka dengan Firefox. Untuk kemampuan yang kurang, terkadang site tidak dapat dibuka bila membuka site terlalu banyak dan masih memiliki bug pada program. Dan kontrol yang lebih banyak mengunakan menu dibandingkan fungsi key pada keyboard, sehingga pemakai harus selalu mengarahkan icon ke menu program
Tweak Firefox.
2.1     Cara Menginstall Mozilla Firefox
a.       Langkah pertama, kita klik Firefox Setup seperti pada gambar di bawah ini.





b.       Setelah itu, ada proses Extracting






Lalu, jika proses Extracting sudah selesai atau mencapai 100% akan keluar tampilan berikut









22
Untuk proses selanjutnya, kita pilih                      dan akan muncul tampilan Setup Type
























Setelah itu, pilih Standard pada Setup Type-nya lalu klik tombol
c.       Selanjutnya, akan muncul tampilan seperti di bawah ini











            Untuk menginstall Mozilla Firefox, anda klik











23
Setelah itu, proses penginstallan akan berjalan secara otomatis seperti tampilan di bawah ini
 











d.       Jika proses sudah selesai maka klik                       pada tampilan di bawah ini
























25

2.6    Kelebihan dan Kelemahan Mozilla Firefox

               Kelebihan Mozilla dibandingkan dengan Internet Explorer :
a. Ukuran aplikasi yang relative kecil, yaitu sekitar 4,7 MB, dibanding IE yang dapat mencapai 80 MB
b. Mendukung berbagai jenis jalan pintas untuk aksi, baik yang berupa tombol pintas misalnya Ctrl+T untuk membuka tab baru maupun gerakan mouse pintas (mouse gesture) misalnya menekan tombol kanan mouse sambil menggeser mouse ke kiri menuju halaman sebelumnya.
c. Penghentian pop up, yang secara otomatis telah terintegrasi dalam penginstalan awal.
d. Mampu mematahkan pembatasan aksi pengguna, misalnya penyembunyian status bar atau penguncian browser, sehingga pengguna tidak dapat memperbesar atau memperkecil ukuran browser.
e. Penampilan halaman yang lebih lapang dengan area toolbar lebih ringkas.
f. Fitur organisasi bookmark yang mampu mengorganisasi beberapa tab sekaligus.
g. Tampilan browser dapat dikustomisasi menggunakan skin.
h. Fitur menjelajah internet dengan tab. Fitur demikian akan memungkinkan pengguna   untuk membuka beberapa URL sekaligus dalam satu jendela browser.
i. Hasil cetak halaman secara otomatis diperkecil, sehingga tidak terpotong seperti halnya IE
j. Lebih aman, tidak ada lubang-lubang sekuritas seperti yang terdapat pada IE.










               Kelemahan Mozilla dibandingkan dengan Internet Explorer :
a. Waktu proses halaman situs tertentu lebih lambat, diperkirakan karena masalah kompatibilitas      atau kesesuaian antara pengkodean halaman situs dengan browser Mozilla Firefox
b. Tidak terintegrasi dengan Outlook maupun Outlook Express, beberapa fasilitas e-mail tidak bekerja dengan baik, seperti melihat e-mail HTML maupun membuka link langsung dari e-mail di Outlook.
c. Tidak mendukung sinkronisasi dengan PocketPC Windows dan sinkronisasi USB-cradle, misalnya untuk men-download web calendar
d. Terdapat perbedaan penampilan halaman situs dengan IE, terlebih apabila halaman situs dirancang untuk menampilkan halaman tersebut dengan benar.
e. Instalasi plug-in tidak semudah pada IE, misalnya untuk menginstal Flash Player, Shockwave, Java      Virtual Matchine diperlukan instalasi secara manual (tidak otomatis). Firefox juga tidak mendukung instalasi aplikasi Microsoft secara online, misalnya aktivasi Microsoft Reader
f. Beberapa formulir online tidak merespon penekanan tombol Enter sebagai jalan pintas untuk menekan tombol “submit” di layar. (Disarikan dari “Buku Pengantar Teknologi Informasi Internet : Konsep dan Aplikasi” Oleh Budi Sutedjo DO, SKom, MM dkk)







23
2.7   Cara Mempercepat Browsing dengan Mozilla Firefox

Untuk mempercepat Mozilla saat browsing :
1. Ctrl+Enter, ini untuk membuka domain yang menggunakan .com. caranya adalah ketikkan nama domain kemudian klik ctrl+enter. contohnya, anda ingin membuka “www.yahoo.com” jadi ketiklah “yahoo” kemudian klik ctrl+enter
2. Shift+Enter, ini untuk membuka domain yang menggunakan .net. caranya adalah ketikkan nama domain kemudian klik ctrl+enter. contohnya, anda ingin membuka “www.telkom.net” jadi ketiklah “telkom” kemudian klik shif+enter
3. Ctrl+Shift+Enter, ini untuk membuka domain yang menggunakan .org. caranya adalah ketikkan nama domain kemudian klik ctrl+enter. contohnya, anda ingin membuka “www.dikti.org” jadi ketiklah “dikti” kemudian klik Ctrl+Shift+Enter.

 Twieeking Firefox :
1. Ketik “about:config” di firefox anda kemudian enter
2. Maka akan keluar sebuah settingan untuk tweaking firefox
3. Untuk merubahnya, klik 2 kali dan masukkan data perubahannya
4. Jika data dibawah tidak terdapat dalam settingan default firefox, klik kanan pilih 
  New. Untuk data berupa angka, pilih Integer, untuk true/false pilih Boolean.
-     Untuk pengguna DSL :
1.
Set “network.http.pipelining : true”
2. Set “network.http.proxy.pipelining : true”
3. Set “network.http.pipelining.maxrequests : 64″
4. Set “nglayout.initialpaint.delay : 0″
-     Untuk pengguna ADSL :
1. Set “network.http.max-connections : 64″
2. Set “network.http.max-connections-per-server : 21″
3. Set “network.http.max-persistent-connections-per-server : 8″
4. Set “network.http.pipelining : true”
5. Set “network.http.pipelining.maxrequests : 100″
6. Set “network.http.proxy.pipelining : true”
7. Set “nglayout.initialpaint.delay : 0″

24
-       Untuk pengguna Dial Up :
1. Set “browser.cache.disk_cache_ssl : true”
2. Set “browser.xul.error_pages.enabled : true”
3. Set “network.http.max-connections : 32″
4. Set “network.http.max-connections-per-server : 8″
5. Set “network.http.max-persistent-connections-per-proxy : 8″
6. Set “network.http.max-persistent-connections-per-server : 4″
7. Set “network.http.pipelining : true”
8. Set “network.http.pipelining.maxrequests : 8″
9. Set “network.http.proxy.pipelining : true”
10. Set “plugin.expose_full_path : true”
11. Set “signed.applets.codebase_principal_support : true”
12. Set “content.interrupt.parsing : true”
13. Set “content.max.tokenizing.time : 3000000″
14. Set “content.maxtextrun : 8191″
15. Set “content.notify.backoffcount : 5″
16. Set “content.notify.interval : 750000″
17. Set “content.notify.ontimer : true”
18. Set “content.switch.threshold : 750000″




              
 
     














BAB III
PENUTUP

·         Kesimpulan
              
               Mozilla Firefox adalah sebuah program browser yang mudah cara penggunaannya yang memiliki ffasilitas canggih. Kemudahan dalam mengakses internet menggunakan Mozilla Firefox membuat semua orang merasa nyaman ketika menggunakannya. Mozilla Firefox memiliki keunggulan daripada program browser lainnya yakni fitur security dan privacy tools, termasuk juga pop up blocking and selective image and cookie loading. Dengan fitur-fitur ease of use, stability, and security telah membuat Mozilla Firefox banyak diminati oleh semua orang.
               Keunggulan yang lain yang dimiliki Mozilla Firefox :
·         Menghentikan pop up reklame menggunakan Firefox’s built in pop up blocker.
·         Menyimak lebih dari saru Web page dalam satu jendela yang menghemat waktu.
·         Membuka links dilator belakang dan ready untuk disimak bila ingin dibaca.
·         Dibangun berdasarkan pendekatan security. Menyediakan sejumlah tools untuk privacy  
·         yang membuat aktivitas bisnis lebih nyaman.
·         Google Search adalah terintegrasi dikanan atas toolbar, dan tersedia plethora untuk
·         search tools lainnya, termasuk Keywords dan find toolbar baru.
·         Files yang didownload otomatis disimpan di desktop agar segera dapat ditemukan atau
·         difolder lain sesuai pengaturan.
·         Pada browser ini dilengkapi fasilitas otomatis untuk mengetahui PR suatu web site secara otomatis. Bisa tidak mengaktifkan jika tidak menginginkan Download Gratis Mozilla Firefox.
               Semua keunggulan yang diberikan oleh pihak Mozilla Firefox ini semata-mata agar pengguna lebih nyaman dan puas atas layanan yang telah diberikan.



26
·         Saran

               Suatu hal tidak luput dari kelemahan. Apabila memiliki kelebihan, pasti juga memiliki kelemahan. Dari kelemahan tersebut, Mozilla Firefox mencoba belajar dari kelemahannya agar bias berkembang dan menyempurnakan fasilitasnya.
               Beriku kekurangan-kekurangan yang dimiliki Mozilla Firefox :
·         Waktu proses halaman situs tertentu lebih lambat dari program yang lain.
·         Fasilitas E-mail tidak bekerja sesuai keinginan.
·         Tidak mendukung sinkronisasi dengan PocketPC Windows dan sinkronisasi USB- 
            cradle.
·         Terdapat perbedaan penampilan halaman situs dengan IE.
·         Instalasi plug-in tidak semudah IE. Firefox juga tidak mendukung instalasi aplikasi
            Microsoft secara online.
·         Beberapa formulir online tidak merespon penekanan tombol Enter sebagai jalan pintas
·         untuk menekan tombol “submit” dilayar.
               Sebagai penulis ingin menyarankan :
·         Pembaca dapat mengambil hal-hal penting dari makalah T I K ini.
·         Mengetahui sejarah Mozilla Firefox dan programnya secara detail.
·         Selain Mozilla Firefox, pada dasarnya program browser lain juga memiliki kelebihan dan kelemahan.
·         Memahami fitur-fitur yang tersedia di Mozilla Firefox.
·         Meningkatkan diri kita untuk selalu mencoba hal-hal yang baru yang bersifat positif.
     








27

DAFTAR PUSTAKA

www.wikipedia.com
Hofmann, Chris; Marcia Knous, & John Hedtke (2005). Firefox and Thunderbird Garage . Prentice Hall PTR. ISBN 0-13-187004-1
McFarlane, Nigel (2005). Firefox Hacks . O'Reilly. ISBN 0-596-00928-3 .
Reyes, Mel (2005). Hacking Firefox: More Than 150 Hacks, Mods, and Customizations . Wiley. ISBN 0-7645-9650-0 .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar